Pengertian materi pembelajaran (instructional material) adalah bentuk bahan atau seperangkat substansi pembelajaran untuk membantu guru/instruktur dalam kegiatan belajar mengajar yang disusun secara sistematis dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
Materi pembelajaran merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan untuk perencanaan dan penelaah implementasi pembelajaran serta untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga disusun secara sistematis untuk menampilkan sosok yang utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam proses pembelajaran.
Prinsip Penentuan Materi Pelajaran
Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kegiatan belajar mengajar, sehingga harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Prinsip-prinsip yang dijadikan dasar dalam menentukan materi pembelajaran adalah:
Relevansi (kesesuaian)
Materi pembelajaran relevan dengan tujuan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Misalkan jika kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta, bukan konsep atau prinsip ataupun jenis materi lain.
Konsistensi (keajegan)
Materi pembelajaran konsisten dengan tujuan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Misalkan jika kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik ada dua macam maka materi yang diajarkan harus juga meliputi dua macam.
Adquency (kecukupan)
Materi pembelajaran yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai konpetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit maka kurang membantu tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya jika terlalu banyak maka akan mengakibatkan keterlambatan dalam pencapaian target kurikulum.
Pertimbangan Materi Pembelajaran
Selain prinsip-prinsip yang dijadikan dasar dalam menentukan materi pembelajaran, dalam pengembangan materi belajar guru harus mampu mengidentifikasikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut:
- Potensi peserta didik meliputi potensi intelektual, emosional, spiritual, sosial dan potensi vokasional
- Relevansi dan karakteristik daerah.
- Relevansi kebutuhan peserta didik dan tuntunan lingkungan
- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
- Kebermanfaatan bagi peserta didik.
- Struktur keilmuan yang sesuai dengan materi pembelajaran suatu ilmu.
- Aktulaitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran.
- Alokasi waktu
https://drive.google.com/drive/folders/1yMMWPAoNLZKkdvUiszSvW774nGx4xQFT?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar