Formulir Pendaftaran

Kamis, 02 November 2017

PANDUAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL PAKET C SETARA SMA / MA


BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
Pendidikan adalah matahari bangsa. Pendidikan memberikan arah tuntunan bagi sumber daya manusia sebuah bangsa untuk mampu berkiprah secara nyata. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah proses pembangunan bangsa.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan secara eksplisit bahwa ada 3 (tiga) jalur pendidikan yang dapat ditempuh oleh setiap warga negara. Ada jalur formal yaitu pendidikan yang diselenggarakan di sekolah dari jenjang dasar, menengah hingga tinggi. Ada juga jalur pendidikan non formal, yaitu pendidikan yang diselenggarakan di luar jalur pendidikan sekolah. Sedangkan jalur ketiga adalah jalur informal dimana pendidikan dilakukan di dalam keluarga.
Salah satu jalur yang diselenggarakan pemerintah adalah jalur pendidikan nonformal. Di jalur ini, banyak program yang dijalankan mencakup pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan keaksaraan, pendidikan kesetaraan, kursus dan pelatihan dan ketrampilan hidup lainnya (vokasi).
Di antara berbagai program tersebut, program pendidikan kesetaraan dilaksanakan untuk memfasilitasi warga masyarakat yang mengalami berbagai keterbatasan. Banyak anak yang drop out (DO) sekolah  karena berbagai alasan, kondisi ekonomi, kondisi geografis yang tidak memungkinkan tersedianya layanan pendidikan formal, semua itu dapat diatasi dengan adanya pendidikan kesetaraan. Ada program Kejar Paket A Setara SD, Kejar Paket B Setara SMP dan Kejar Paket C Setara SMA.


Dalam perkembangannya, program Kejar Paket C Setara SMA telah menjadi primadona pendidikan nonformal. Banyak anak yang DO sekolah, tidak dapat melanjutkan jenjang pendidikan dari SMP ke SMA maupun gagal dalam ujian akhir sekolah memilih program ini. Bukan saja oleh anak-anak yang usianya setara dengan usia SMA/SMK, banyak pula warga belajar Kejar Paket C Setara SMA yang berasal dari para pegawai dan karyawan yang ingin mendapatkan pengakuan legal jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari tahun ke tahun, animo warga masyarakat untuk mengikuti program Kejar Paket C Setara SMA semakin meningkat. Artinya, Kejar Paket C Setara SMA telah menjelma menjadi program idola di masyarakat.
Sebagai sebuah program pendidikan yang setara dengan pendidikan di jenjang pendidikan formal SMA/SMK, Kejar Paket C Setara SMA juga berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil-hasilnya. Selain peningkatan kompetensi para tutor, upaya peningkatan mutu dilakukan dengan mengembangkan berbagai model pembelajaran dan bahan ajar maupun media yang mendukung pembelajaran. Semua indikator pelaksanaan program dan pembelajaran harus ditingkatkan. Pendek kata, pembelajaran yang baik dan berkualitas harus disajikan oleh tutor bagi para warga belajarnya.
Oleh karena itu, pembelajaran yang dipersyaratkan dilaksanakan dalam Kejar Paket C Setara SMA haruslah diselenggarakan. Ada 3 (tiga) jenis pembelajaran dalam Kejar Paket C Setara SMA. Tiga jenis pembelajaran tersebut meliputi pembelajaran tatap muka, tutorial dan pembelajaran mandiri. Pembelajaran tatap muka atau klasikal dilakukan melalui interaksi pengajaran secara langsung antara tutor dengan warga belajar dalam kelas.
Sementara itu, untuk pembelajaran tutorial memiliki ragam interaksi yang berbeda. Banyak kelompok belajar yang menggunakan buku modul pembelajaran bidang studi dalam melaksanakan pembelajaran tutorial. Buku modul tersebut berisikan materi yang sudah disusun sedemikian rupa dengan petunjuk lengkap tentang aktivitas warga belajarnya. Namun, ada pula yang mencoba mengembangkan bahan ajar tutorial sendiri agar warga belajar mampu belajar dan berinteraksi dengan bahan ajar tersebut.
Salah satu pembelajaran tutorial dapat dilakukan dengan bahan ajar yang berbentuk digital. Bahan ajar seperti ini dikembangkan dengan basis komputer multimedia. Bahan ajar yang dikembangkan bisa memuat materi pelajaran, dapat pula memuat berbagai raga soal sebagai pengaya dan penguat materi yang sudah diberikan dalam pembelajaran tatap muka.
Mengemas materi dalam bentuk soal, dalam hal ini dapat dikatakan sebagai bank soal digital, menjadi sebuah bentuk pembelajaran yang unik. Soal dapat disajikan dengan pembahasan. Tentu saja ada proses pengulangan penjelasan materi soal tersebut. Warga belajar diajak untuk mengingat kembali bagaimana memecahkan permasalahan yang ditemui dengan cara yang benar. Selanjutnya, untuk melihat daya serap materi yang disajikan melalui soal latihan, warga belajar mendapat paket soal ujian/tes. Hal ini menghasilkan skor tes/ujian yang dicapai.

B.   Dasar
Dasar pengembangan model pembelajaran tutorial Kejar Paket C Setara SMA dengan menggunakan bank soal digital ini didasarkan pada:
1.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 tahun 2007  tentang Standar Isi Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
3.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 tahun 2008  tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
4.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 43 tahun 2009  tentang Standar Tenaga Administrasi Program Kejar Paket A, B, dan C
5.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44 tahun 2009  tentang Standar Pengelola Program Kejar Paket A, B, dan C
6.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 tahun 2013  tentang Standar Nasional Pendidikan
7.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 81 tahun 2013  tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal

C.   Tujuan
Tujuan panduan ini adalah untuk memberikan arahan yang tepat dan benar bagi tutor Paket C Setara SMA agar mampu melaksanakan pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital yang sudah dikembangkan. Sehingga dampak yang diperoleh adalah terselenggaranya pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif dan menyenangkan.

D.   Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital sesuai dengan panduan ini adalah terselenggaranya pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif dan menyenangkan.

E.    Pengguna
Sasaran pengguna panduan pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital ini adalah para tutor Kejar Paket C Setara SMA yang bertugas melaksanakan pembelajaran dengan para peserta didik di satuan-satuan pendidikan yang ada.

F.    Terminologi/Istilah
Beberapa istilah yang digunakan dalam panduan ini adalah sebagai berikut:
1.      Panduan
Sekelompok rambu-rambu pedoman bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran tutorial dengan menggunakan bank soal digital bagi warga belajar  Kejar Paket C Setara SMA.
2.      Pembelajaran tutorial
Metode pembelajaran yang berisikan panduan yang urut dalam mempelajari suatu hal (bidang studi) dengan fokus pada suatu materi tertentu.
3.      Kejar Paket C Setara SMA
Program pendidikan kesetaraan bagi warga masyarakat yang membutuhkan jenjang pendidikan setara dengan SMA yang diselenggarakan dengan pola pembelajaran tertentu di masyarakat.


4.      Bank soal digital
Sekumpulan soal-soal latihan dan tes/ujian yang dikemas dalam bentuk digital dengan bantuan komputer pada suatu bidang studi tertentu dengan materi tertentu pula yang diberikan dalam program Kejar Paket C Setara SMA.

G.   Prasyarat Model
Model pembelajaran tutorial Kejar Paket C Setara SMA dengan menggunakan bank soal digital ini memerlukan prasyarat agar dapat dilaksanakan dengan baik. Prasyarat model yang harus terpenuhi berupa:
1.      Hardware/piranti keras
Description: komputer.jpgModel ini dapat berjalan dengan baik jika komponen piranti keras terpenuhi dengan baik. Piranti keras/hardware ini berupa unit komputer (PC) lengkap dengan monitor dan keyboard/mouse, atau laptop yang memadai. PC dan laptop hendaknya juga memiliki komponen input berupa CD (compact disc) drive untuk data yang tersimpan dalam keping CD dan USB port untuk membaca data yang disimpan dalam media flashdisk. Hardware minimal yang disarankan adalah berprosesor setara Intel Pentium III dengan memori (RAM) 512 Mb. Unit PC hendaknya dilengkapi pula dengan fasilitas pengeras suara (speaker) untuk mendengarkan pesan atau sajian audio dalam paket bank soal digital.
2.      Software/piranti lunak
Selanjutnya, yang harus diperhatikan dan disediakan agar paket bank soal digital dapat disajikan dalam unit PC atau laptop adalah ketersediaan software atau piranti lunak. Software minimal yang harus dimiliki adalah Flash Player sebagai alat utama pemutar materi. Tanpa software ini, materi tidak dapat dilihat dan didengar oleh warga belajar maupun tutor sehingga pembelajaran tidak dapat berlangsung sama sekali. Jika memerlukan software lain untuk memperjelas materi dapat menggunakan software lainnya.
3.      Prasarana belajar
Prasyarat selanjutnya adalah ketersediaan prasarana belajar seperti gedung tertutup lengkap dengan sumber tenaga listrik yang memadai. Perlengkapan komputer dan lainnya sangat rentan dan mudah rusak. Oleh karena itu, gedung tertutup dapat menjamin keawetan dan keamanan komputer tersebut. Selain itu, proses belajar mengajar juga dapat berlangsung dengan nyaman dalam ruangan yang terfokus.
4.      Tutor
Pemegang kendali pembelajaran ini ada di tangan tutor. Oleh karena itu, tutor juga diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan PC dan laptop. Kemampuan yang tidak baik dapat menghambat proses pembelajaran yang dilakukan dari awal hingga selesai.





















BAB II
LINGKUP MODEL


A.   Pengertian
Panduan pembelajaran tutorial kejar Paket C Setara SMA menggunakan bank soal digital ini adalah seperangkat rambu-rambu yang memberikan arah yang jelas bagi tutor Kejar Paket C Setara SMA dalam melaksanakan interaksi pembelajaran tutorial bersama peserta didik dalam periode waktu tertentu.

B.   Aspek Pembelajaran
Aspek pembelajaran yang ada dalam pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital ini meliputi 3 (tiga) aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif mencakup wawasan dan pengetahuan peserta didik pada materi yang sudah dipelajari. Aspek afektif mencakup sikap peserta didik terhadap tutor dan pelajaran itu senndiri. Sedangkan aspek psikomotor mencakup ketrampilan peserta didik dalam menggunakan piranti yang disediakan dalam pembelajaran.

C.   Cakupan Bidang Studi
Cakupan bidang studi atau mata pelajaran yang terlibat dalam pembelajaran tutorial ini ada 4 (empat). Yaitu bidang studi Bahasa Indonesia, Matematka, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Ekonomi. Pembatasan bidang studi ini dilakukan agar tutor dan peserta didik lebih fokus saat menghadapi ujian akhir dan kelulusan dari Kejar Paket C Setara SMA. Empat bidang studi tersebut juga menjadi bidang studi yang diujikan dalam Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK).
Bentuk bank soal digital dipilih karena keluwesan dalam penggunaan, hemat ruang dan biaya serta menarik bagi tutor dan peserta didik. Setiap bidang studi memiliki paket soal yang sudah dikembangkan sesuai tahapan dan validasi yang baik. Paket yang ada mencakup berbagai soal latihan dan ujian/tes. Soal-soal latihan dan ujian/tes adalah identik sesuai kisi-kisi soal dan bobotnya. Soal-soal latihan diberikan untuk memutar dan engembalikan ingatan peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari. Pada bagian ini dilengkapi dengan pembahasan soal dimana dijabarkan cara memecahkan masalah yang tepat pada soal yang disajikan.
Sementara itu, pada bagian soal-soal ujian/tes, peserta didik mengerjakan sendiri sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan ereka seluruh soal yang disajikan. Tidak ada petunjuk jawaban dan umpan balik motIvasi. Pada bagian ini dihasilkan skor akhir peserta didik dalam mengerjakan keseluruhan soal serta konfirmasi keberhasilan melewati bagian ujian/tes sesuai batas nilai kelulusan yang ditentukan dalam program bank soal digital.

D.   Ketentuan Penggunaan
Penggunaan bank soal digital ini harus direncanakan dengan sebaik-baiknya. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pembelajaran berupa pembahasan soal saja. Jika ini yang terjadi, maka tidak akan ada bedanya dengan kegiatan bimbingan belajar. Beberapa ketentuan prinsip agar penggunaan bank soal digital ini sesuai dengan kebutuhan pembelajaran adalah:
1.      Paket bank soal digital ini bukan menjadi pokok pembelajaran dari serangkaian materi dalam Kejar Paket C Setara SMA, sehingga tidak dapat dipelajari sebagaimana pembelajaran di bimbingan belajar yang mengerjakan soal-soal ujian saja.
2.      Paket bank soal digital ini digunakan untuk mempersiapkan warga belajar dalam menghadapi ujian kesetaraan.
3.      Paket bank soal digital ini memerlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses penguatan dan pengayaan materi dapat berlangsung dengan baik.
4.      Paket bank soal digital ini dapat digunakan secara mandiri oleh warga belajar pada bagian tertentu untuk memotivasi dan melihat sejauhmana pemahaman materi yang diberikan pada bagian lain dari paket ini.
5.      Bank soal digital ini dapat dikembangkan sendiri oleh para tutor dengan mempertimbangkan cakupan materi yang akan diberikan. Hal ini memungkinkan warga belajar untuk memperkaya dan memperkuat materi yang pernah dipelajarinya.
E.    Persyaratan Minimal Komponen Model
Untuk dapat menjalankan pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital ini, ada beberapa ketentuan minimal yang harus dipenuhi berupa:
1.      Tutor
Tutor yang melaksanakan pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital ini haruslah memiliki kriteria tertentu, yaitu:
a.      Memahami bidang studi yang diampu dalam pembelajaran
b.      Memahami dan mahir dalam mengoperasionalkan peralatan yang tersedia
c.       Memahami didaktik metodik pembelajaran


Description: sahabat media.jpg
 









2.      Peserta didik/warga belajar
Peserta didik atau warga belajar adalah keseluruhan peserta pembelajaran bidang studi pada kelas yang ditentukan yang sudah menerima serangkaian materi sesuai ketentuan pembelajaran yang berlaku.
3.      Ruangan dan jaringan listrik
Ruangan yang dimaksud adalah ruang pembelajaran yang representatif untuk interaksi pembelajaran. Ruangan ini haruslah memiliki jaringan listrik yang cukup sebagai sumber daya listrik untuk menyalakan komputer/laptop dan LCD projector atau infocus serta lampu penerangan ruang belajar.
4.      Unit komputer/laptop
Description: flashdisk.jpgDescription: cd.jpgAlat ini digunakan untuk memutar bank soal digital yang sudah dikemas dalam format cakram padat (CD) atau alat penyimpan data lain yang kompatibel. Syarat terpenting pada unit komputer/laptop ini adalah terinstalnya program flash player sebagai software pemutar bank soal digital.
Rasio jumlah unit komputer/laptop minimal satu unit dalam satu kelas. Namun, jika memungkinkan, rasio jumlah unit alat yang tersedia lebih banyak dan sebanding dengan jumlah peserta didik akan lebih baik. Hal ini akan mendukung pembelajaran mandiri juga.
5.      Unit LCD projector atau infocus
Unit ini diperlukan sebagai alat bantu pembesaran tayangan. Alat ini dapat meningkatkan konsentrasi/fokus belajar peserta didik sekaligus pusat perhatian dalam mengerjakan soal baik latihan maupun ujian.


Description: infocus.jpg
 

















BAB III
PELAKSANAAN


Pembelajaran tutorial Kejar Paket C Setara SMA menggunakan bank soal digital ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

A.   Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh tutor. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi:
1.      Penyusunan rencana pelaksanan pembelajaran (RPP) berdasarkan paket bank soal digital masing-masing bidang studi
2.      Penyiapan sarana prasarana pendukung pembelajaran berupa ruang belajar, unit komputer dan software pemutar, serta LCD projector
3.      Mempelajari rangkaian naskah soal sesuai RPP untuk dibahas dalam pertemuan pembelajaran dengan peserta didik
4.      Penyiapan instrumen evaluasi terhadap peserta didik selama proses pembelajaran baik di bagian soal-soal latihan maupun ujian/tes
5.      Penyiapan bahan-bahan rujukan yang berguna untuk memperkuat pembahasan soal

B.   Tahap Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan ini tutor Paket C Setara SMA sesuai dengan bidang studi masing-masing melakukan pembelajaran bersama para peserta didik. Urutan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang sudah disusun. Ada dua jenis kegiatan belajar yang berbeda karena adanya perbedaan rasio sarana dan prasarana pembelajaran. Setidaknya, kegiatan yang dilakukan oleh tutor dan peserta didik adalah sebagai berikut:


Description: pake lcd.jpg
 







1.      Sarana yang tersedia hanya satu unit saja
Kegiatan pembelajaran tutorial dengan sarana yang sangat terbatas ini dapat dilakukan sebagai berikut:
a.      Bagian pembukaan
Pada bagian pembukaan ini, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan tutor berupa:
1)   mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
2)   menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
3)   menjelaskan tujuan yang harus dicapai peserta didik
4)   menyiapkan materi belajar berupa bank soal digital dalam komputer/laptop sehingga siap tayang

b.      Bagian inti
Description: mengajar dgn komputer.jpgPada bagian inti ini, kegiatan yang dilakukan tutor adalah:
1)   menyajikan soal latihan satu persatu dari masing-masing bidang studi
2)   memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab setiap soal yang ditayangkan
3)   menyajikan tayangan pembahasan soal
4)   memberikan ulasan penguatan pada pembahasan soal
5)   memotivasi peserta didik
6)   menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran
7)   menyimpulkan soal yang sudah dibahas

c.       Bagian penutup
Pada bagian penutup kegiatan pembelajaran, tutor diharapkan dapat melakukan berbagai kegiatan minimal seperti:
1)   menyimpulkan kegiatan yang dilakukan
2)   menggali pendapat peserta didik tentang proses yang sudah dilakukan
3)   menutup kegiatan dengan berdoa bersama

2.      Sarana yang tersedia berasio imbang
Description: interaksi belajar.jpgKetersediaan sarana yang memiliki rasio seimbang sangatlah bagus. Peserta didik dapat berkonsentrasi penuh pada unit komputer/laptop di hadapannya. Kegiatan pembelajaran tutorial dengan rasio sarana berimbang ini dapat dilakukan minimal dalam tiga bagian sebagai berikut:
a.      Bagian pembukaan
Pada bagian pembukaan ini
1)   mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
2)   menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
3)   menjelaskan tujuan yang harus dicapai peserta didik
4)   menyiapkan materi belajar berupa bank soal digital dalam komputer/laptop setiap peserta didik sehingga siap tayang
5)   memastikan kesiapan seluruh alat dan peserta didik dalam pembelajaran

b.      Bagian inti
Pada bagian inti ini, kegiatan yang dilakukan tutor adalah:
1)   Meminta setiap peserta untuk mempelajari sendiri paket bank soal digital sesuai bidang studi
2)   memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab setiap soal yang ditayangkan
3)   membimbing peserta didik yang menemukan kesulitan dalam memahami pemecahan soal
4)   memberikan ulasan penguatan pada pembahasan soal
5)   memotivasi peserta didik
6)   menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran
7)   menyimpulkan soal yang sudah dibahas

c.       Bagian penutup
Pada bagian penutup kegiatan pembelajaran, tutor diharapkan dapat melakukan berbagai kegiatan minimal seperti:
1)      menyimpulkan kegiatan yang dilakukan
2)      menggali pendapat peserta didik tentang proses yang sudah dilakukan
3)      menutup kegiatan dengan berdoa bersama


Description: mengajar.jpg
 



Selain pembelajaran yang dilakukan dalam setting seperti dijelaskan di halaman sebelumnya, paket bank soal digital ini pun dapat dipergunakan oleh warga belajar Kejar Paket C Setara SMA secara mandiri. Artinya, warga belajar dapat mempelajari isi materi yang disajikan dalam bentuk soal-soal tanpa bantuan tutor.
Agar proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh warga belajar Kejar Paket C Setara SMA dapat berjalan dengan baik, tutor juga perlu mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kesan bahwa warga belajar dibiarkan tanpa arahan dan bimbingan.
Description: belajar.jpgWarga belajar Kejar Paket C Setara SMA harus dikondisikan sedemikian rupa untuk siap menerima materi melalui soal-soal yang ada dalam bank soal digital. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh tutor agar warga belajar mampu melaksanakan belajar mandiri adalah sebagai berikut:
1.      Menetapkan dan menginformasikan kepada warga belajar Kejar Paket C Setara SMA bahwa evaluasi/ujian akan dilaksanakan dalam rangka melihat kesiapan mereka, melalui soal-soal digital yang disediakan.
2.      Menyediakan sarana dan kelengkapan pembelajaran yang dibutuhkan (komputer dan materi pembelajaran)
3.      Memulai pembelajaran dan mengarahkan warga belajar untuk mengakses materi ujian/evaluasi/tes, memberikan petunjuk apa yang harus dilakukan dan target yang harus dicapai oleh warga belajar
4.      Mengontrol kegiatan belajar warga belajar jika mengalami kesulitan dalam mengoperasionalkan komputer atau dalam memahami materi kembali
5.      Mengevaluasi hasil belajar warga belajar dengan mencatat dan menyimpan hasil penilaian (skor) yang diperoleh warga belajar
6.      Mengakhiri pembelajaran dengan menyampaikan kesimpulan hasil belajar yang dicapai oleh warga belajar
7.      Membereskan sarana dan perlengkapan pembelajaran

C.   Tahap Evaluasi
Tahap evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauhmana setiap peserta didik mampu memahami keseluruhan materi yang diberikan di bagian soal-soal latihan. Tahap evaluasi ini dilakukan dengan mengerjakan semua naskah soal yang ada di bagian soal-soal ujian/tes. Kegiatan yang dilakukan oleh tutor dalam melaksanakan evaluasi terbagi dalam dua bagian, pertama dengan sarana komputer hanya satu unit, dan banyak sarana yang tersedia.
1.      Sarana komputer satu unit
Kegiatan yang dilakukan oleh tutor setidaknya berupa:
a.      Mengkondisikan dan mengkoordinir peserta didik untuk siap mengerjakan soal-soal ujian/tes
b.      Mengawali kegiatan dengan berdoa bersama
c.       Mempersiapkan sarana yang akan dipergunakan hingga siap tayang
d.      Membagikan lembar jawaban kepada peserta didik
e.      Menayangkan setiap soal dalam bagian soal-soal ujian/tes
f.        Memberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab setiap soal sesuai batas waktu yang diberikan
g.      Mengumpulkan jawaban semua peserta didik
h.      Melakukan koreksi jawaban peserta didik


Description: belajar.jpg
 








2.      Sarana komputer banyak
Paket bank soal digital ini dirancang menyajikan soal-soal ujian/tes secara acak pada komputer yang berbeda dari setiap peserta didik. Oleh karena itu, jika seluruh peralatan yang tersedia sudah siap, maka paket bank soal digital dalam bentuk CD maupun data yang terinstal dapat langsung dibuka dan diakses oleh peserta didik. Tugas  peserta didik adalah mengerjakan semua soal yang tersedia dalam waktu yang sudah disediakan. Jika semua soal sudah selesai dikerjakan, peserta didik wajib untuk menekan tombol selesai untuk melihat hasil yang diperolehnya.
Hasil pencapaian peserta didik disajikan dalam bentuk sekor dan pernyataan berhasil atau gagal. Meskipun begitu, ada umpan balik bagi peserta didik untuk tetap semangat dan tekun dalam belajar.

D.   Paket Bank Soal Digital
Paket bank soal digital adalah sekumpulan soal bidang studi tertentu yang dikemas dalam format digital. Format digital ini hanya dapat dikembangkan dan disajikan dengan bantuan komputer baik PC (personal computer) maupun laptop. Materi dikemas dalam bentuk media ringkas seperti CD (compact disc) maupun flashdisk. File yang disajikan dalam media tersebut dikemas dalam bentuk “single file executable” atau lebih dikenal dengan nama ekstensi “.exe”.
Paket bank soal yang dikembangkan saat ini terdiri dari 4 (empat) paket bidang studi yaitu:
1.      Bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
2.      Bidang studi Bahasa Indonesia
3.      Bidang studi Matematika, dan
4.      Bidang studi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Ekonomi

Materi yang dikemas dalam paket bank soal digital ini mencakup berbagai materi yang sudah diajarkan kepada warga belajar. Oleh karena itu, paket bank soal digital ini sebenarnya memberikan pengayaan dan penguatan atas apa yang sudah diperoleh oleh warga belajar selama periode waktu tertentu yang ditempuhnya. Karena ujung dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Kejar Paket C Setara SMA selama ini diukur dengan hasil mengerjakan soal ujian kesetaraan, maka model bank soal digital ini juga memberi warna dan pencerahan bagi warga belajar dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian tersebut.
Description: pilihan ganda.jpgSelanjutnya, isi paket bank soal digital tersebut berupa soal-soal bidang studi seperti tercantum pada halaman sebelumnya. Namun, soal-soal tersebut dikelompokkan ke dalam 2 (dua) bagian utama. Bagian pertama adalah soal-soal latihan, sedangkan bagian kedua adalah soal-soal evaluasi/ujian/tes.
Bagian pertama yang terdiri dari soal-soal latihan berisi beragam soal bidang studi tertentu yang harus dikerjakan oleh warga belajar. Bentuk soal yang disajikan adalah pilihan ganda. Soal bentuk pilihan ganda ini dipilih dengan mempertimbangkan dua hal. Pertama, kelaziman bentuk soal ujian kesetaraan adalah pilihan ganda. Sedangkan pertimbangan kedua adalah kemudahan dalam bahasa pemrograman digital.
Soal-soal latihan dalam bagian ini disajikan dengan dilengkapi umpan balik seketika. Artinya, ketika warga belajar memberikan jawaban pada sebuah butir soal yang muncul, maka seketika itu pula muncul respon pemberitahuan tentang jawaban. Respon jawaban yang bersifat positif jika jawaban soal benar. Sedangkan respon jawaban negatif jika jawaban yang diberikan salah. Hanya saja, semua respon diberikan untuk memotivasi warga belajar agar tidak mudah putus asa dalam belajar.
Selain respon seketika, soal-soal latihan dilengkapi pula dengan pembahasan soal. Hal ini dilakukan agar warga belajar mampu mengingat kembali materi yang pernah diajarkan. Pembahasan soal disediakan dalam halaman tersendiri. Untuk pengendaliannya disediakan tombol navigasi sendiri.
Selanjutnya, bagian kedua dari paket bank soal digital ini adalah soal-soal evaluasi/ujian/tes. Bagian ini terdiri dari beragam soal dengan materi dan bobot yang sama dengan soal-soal di bagian latihan. Namun, bagian evaluasi/ujian/tes ini memiliki karakteristik yang berbeda dari soal-soal latihan. Beberapa karakteristik tersebut adalah:
1.      Bentuk soal yang disajikan adalah pilihan ganda dengan 5 (lima) opsi jawaban.
2.      Description: skor.jpgPenyajian soal satu halaman untuk satu soal.
3.      Tidak dilengkapi dengan umpan balik seketika.
4.      Terdapat kunci jawaban soal sebagai patokan pemberian skor dalam bahasa pemrograman.
5.      Sistem penyajian soal diacak. Artinya, ketika warga belajar mencoba mengerjakan soal di bagian ini, urutan nomor soal akan berbeda di setiap kesempatan yang berbeda dan unit komputer atau laptop yang berbeda.
6.      Terdapat pembatasan waktu dalam mengerjakan soal-soal yang disediakan.
7.      Tidak ada pembahasan soal.
8.      Hasil akhir  yang diperoleh adalah skor nilai dan status keberhasilan dalam mengerjakan soal.

Paket bank soal digital ini secara teknis terbagi dalam beberapa menu. Menu disajikan untuk memudahkan pengguna dalam mempelajari sekaligus memahami keseluruhan isi. Menu-menu yang tersedia dalam paket bank soal digital Kejar Paket C Setara SMA ini terdiri atas:

1.      Menu Petunjuk
Menu petunjuk disediakan untuk memberikan gambaran singkat isi paket bank soal digital. Pada bagian menu ini berisikan pula petunjuk-petunjuk dasar bagi pengguna (warga belajar dan tutor) agar mampu menjalankannya dengan baik (petunjuk operasional). Selain itu, pada bagian menu petunjuk ini berisikan informasi terkait ikon yang digunakan dan arti dari ikon-ikon tersebut yang akan ditemui dalam paket bank soal digital.
2.      Menu Soal Latihan
Description: ujian.jpgMenu soal latihan memberikan petunjuk operasional bagaimana mengerjakan soal-soal di bagian ini. Tombol navigasi menu soal latihan akan mengantarkan pengguna dengan kumpulan soal-soal latihan yang sudah disediakan.
3.      Menu Soal Evaluasi/Ujian/Tes
Menu ini memberikan petunjuk operasional bagaimana mengerjakan soal-soal ujian/evaluasi/tes dengan baik. Tombol navigasi menu soal evaluasi/ujian/tes akan membawa pengguna ke dalam sekumpulan soal-soal tes bidang studi tertentu dalam batas waktu yang ditentukan.
4.      Menu Pustaka
Setiap produk yang dihasilkan dari sebuah proses pengembangan pastilah memiliki acuan/referensi. Oleh karena itu, kumpulan soal dalam paket bank soal digital ini juga memiliki acuan kepustakaan tersendiri sebagai dasar dalam pengembangan soal-soal tersebut.
Menu pustaka mencakup buku-buku sumber bacaan dan soal yang dijadikan acuan penyusun/pengembang soal. Selain buku-buku dapat juga ditampilkan sumber-sumber yang lain yang relevan dengan soal dan materi yang disajikan.
5.      Menu Pengembang
Sebuah produk juga harus memiliki identitas. Menu pengembang berisikan nama dan informasi pribadi yang relevan dari keseluruhan tim penyusun/pengembang soal dimaksud. Menu pengembang sebaiknya juga dilengkapi dengan foto tim pengembang dan alat yang dapat dihubungi.









BAB IV
PENUTUP


Perkembangan jaman menuntut dinamika pembelajaran yang lebih menarik lagi. Teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pembelajaran. Begitu juga dengan dinamika pembelajaran yang terjadi Kejar Paket C Setara SMA. Sentuhan teknologi sangat dibutuhkan agar pembelajaran di dalamnya menjadi semakin interaktif dan tidak membosankan.
Agar bantuan dari sisi teknologi tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, diperlukan upaya yang jeli bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Salah satunya adalah dengan memadukannya dalam pembelajaran tutorial. Pembelajaran jenis ini sangat dibutuhkan untuk menuntaskan keseluruhan materi yang harus dikuasai oleh warga belajar Kejar Paket C Setara SMA. Namun, agar hasil yang diperoleh dapat maksimal dibutuhkan panduan yang relevan.
Panduan pembelajaran tutorial Paket C Setara SMA menggunakan bank soal digital ini sangat dibutuhkan oleh tutor. Panduan ini memberikan arahan bagaimana menyelenggarakan pembelajaran tutorial yang baik dengan mengacu pada paket  bank soal digital yang sudah disusun. Panduan dan paket bank soal digital ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Semoga panduan dan dan bahan ajar berupa paket bank soal digital 4 (empat) bidang studi –PKn, Bahasa Indonesia, Matematikan dan IPS (ekonomi)- ini dapat  bermanfaat. Bukan saja bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran tutorial, namun bagi warga belajar menjadi sesuatu yang dapat memotivasi dan menuntaskan belajar mereka di Paket C. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar