BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah matahari bangsa. Pendidikan memberikan arah
tuntunan bagi sumber daya manusia sebuah bangsa untuk mampu berkiprah secara
nyata. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah
proses pembangunan bangsa.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional menyatakan secara eksplisit bahwa ada 3 (tiga) jalur pendidikan yang
dapat ditempuh oleh setiap warga negara. Ada jalur formal yaitu pendidikan yang
diselenggarakan di sekolah dari jenjang dasar, menengah hingga tinggi. Ada juga
jalur pendidikan non formal, yaitu pendidikan yang diselenggarakan di luar
jalur pendidikan sekolah. Sedangkan jalur ketiga adalah jalur informal dimana
pendidikan dilakukan di dalam keluarga.
Salah satu jalur yang diselenggarakan pemerintah adalah jalur
pendidikan nonformal. Di jalur ini, banyak program yang dijalankan mencakup
pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan keaksaraan, pendidikan kesetaraan,
kursus dan pelatihan dan ketrampilan hidup lainnya (vokasi).
Di antara berbagai program tersebut, program pendidikan
kesetaraan dilaksanakan untuk memfasilitasi warga masyarakat yang mengalami
berbagai keterbatasan. Banyak anak yang drop
out (DO) sekolah karena berbagai
alasan, kondisi ekonomi, kondisi geografis yang tidak memungkinkan tersedianya
layanan pendidikan formal, semua itu dapat diatasi dengan adanya pendidikan
kesetaraan. Ada program Kejar Paket A Setara SD, Kejar Paket B Setara SMP dan
Kejar Paket C Setara SMA.
Dalam perkembangannya, program Kejar Paket C Setara SMA telah
menjadi primadona pendidikan nonformal. Banyak anak yang DO sekolah, tidak
dapat melanjutkan jenjang pendidikan dari SMP ke SMA maupun gagal dalam ujian
akhir sekolah memilih program ini. Bukan saja oleh anak-anak yang usianya
setara dengan usia SMA/SMK, banyak pula warga belajar Kejar Paket C Setara SMA
yang berasal dari para pegawai dan karyawan yang ingin mendapatkan pengakuan
legal jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari tahun ke tahun, animo warga
masyarakat untuk mengikuti program Kejar Paket C Setara SMA semakin meningkat.
Artinya, Kejar Paket C Setara SMA telah menjelma menjadi program idola di
masyarakat.
Sebagai sebuah program pendidikan yang setara dengan
pendidikan di jenjang pendidikan formal SMA/SMK, Kejar Paket C Setara SMA juga
berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil-hasilnya.
Selain peningkatan kompetensi para tutor, upaya peningkatan mutu dilakukan
dengan mengembangkan berbagai model pembelajaran dan bahan ajar maupun media
yang mendukung pembelajaran. Semua indikator pelaksanaan program dan
pembelajaran harus ditingkatkan. Pendek kata, pembelajaran yang baik dan
berkualitas harus disajikan oleh tutor bagi para warga belajarnya.
Oleh karena itu, pembelajaran yang dipersyaratkan
dilaksanakan dalam Kejar Paket C Setara SMA haruslah diselenggarakan. Ada 3
(tiga) jenis pembelajaran dalam Kejar Paket C Setara SMA. Tiga jenis
pembelajaran tersebut meliputi pembelajaran tatap muka, tutorial dan
pembelajaran mandiri. Pembelajaran tatap muka atau klasikal dilakukan melalui
interaksi pengajaran secara langsung antara tutor dengan warga belajar dalam
kelas.
Sementara itu, untuk pembelajaran tutorial memiliki ragam
interaksi yang berbeda. Banyak kelompok belajar yang menggunakan buku modul
pembelajaran bidang studi dalam melaksanakan pembelajaran tutorial. Buku modul
tersebut berisikan materi yang sudah disusun sedemikian rupa dengan petunjuk
lengkap tentang aktivitas warga belajarnya. Namun, ada pula yang mencoba mengembangkan
bahan ajar tutorial sendiri agar warga belajar mampu belajar dan berinteraksi
dengan bahan ajar tersebut.
Salah satu pembelajaran tutorial dapat dilakukan dengan bahan
ajar yang berbentuk digital. Bahan ajar seperti ini dikembangkan dengan basis
komputer multimedia. Bahan ajar yang dikembangkan bisa memuat materi pelajaran,
dapat pula memuat berbagai raga soal sebagai pengaya dan penguat materi yang
sudah diberikan dalam pembelajaran tatap muka.
Mengemas materi dalam bentuk soal, dalam hal ini dapat dikatakan
sebagai bank soal digital, menjadi sebuah bentuk pembelajaran yang unik. Soal
dapat disajikan dengan pembahasan. Tentu saja ada proses pengulangan penjelasan
materi soal tersebut. Warga belajar diajak untuk mengingat kembali bagaimana
memecahkan permasalahan yang ditemui dengan cara yang benar. Selanjutnya, untuk
melihat daya serap materi yang disajikan melalui soal latihan, warga belajar
mendapat paket soal ujian/tes. Hal ini menghasilkan skor tes/ujian yang
dicapai.
B. Dasar
Dasar pengembangan model pembelajaran tutorial Kejar Paket C
Setara SMA dengan menggunakan bank soal digital ini didasarkan pada:
1. Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 14 tahun 2007 tentang
Standar Isi Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
3. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 3 tahun 2008 tentang
Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
4. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 43 tahun 2009 tentang
Standar Tenaga Administrasi Program Kejar Paket A, B, dan C
5. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 44 tahun 2009 tentang
Standar Pengelola Program Kejar Paket A, B, dan C
6. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 32 tahun 2013 tentang
Standar Nasional Pendidikan
7. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 81 tahun 2013 tentang
Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
C. Tujuan
Tujuan panduan ini adalah untuk memberikan arahan yang tepat
dan benar bagi tutor Paket C Setara SMA agar mampu melaksanakan pembelajaran
tutorial menggunakan bank soal digital yang sudah dikembangkan. Sehingga dampak
yang diperoleh adalah terselenggaranya pembelajaran yang aktif, interaktif,
kreatif dan menyenangkan.
D. Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari pembelajaran tutorial menggunakan
bank soal digital sesuai dengan panduan ini adalah terselenggaranya
pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif dan menyenangkan.
E. Pengguna
Sasaran pengguna panduan pembelajaran tutorial menggunakan
bank soal digital ini adalah para tutor Kejar Paket C Setara SMA yang bertugas
melaksanakan pembelajaran dengan para peserta didik di satuan-satuan pendidikan
yang ada.
F. Terminologi/Istilah
Beberapa istilah yang digunakan dalam panduan ini adalah
sebagai berikut:
1. Panduan
Sekelompok
rambu-rambu pedoman bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran tutorial dengan
menggunakan bank soal digital bagi warga belajar Kejar Paket C Setara SMA.
2. Pembelajaran tutorial
Metode
pembelajaran yang berisikan panduan yang urut dalam mempelajari suatu hal
(bidang studi) dengan fokus pada suatu materi tertentu.
3. Kejar Paket C Setara SMA
Program
pendidikan kesetaraan bagi warga masyarakat yang membutuhkan jenjang pendidikan
setara dengan SMA yang diselenggarakan dengan pola pembelajaran tertentu di
masyarakat.
4. Bank soal digital
Sekumpulan
soal-soal latihan dan tes/ujian yang dikemas dalam bentuk digital dengan
bantuan komputer pada suatu bidang studi tertentu dengan materi tertentu pula
yang diberikan dalam program Kejar Paket C Setara SMA.
G. Prasyarat Model
Model
pembelajaran tutorial Kejar Paket C Setara SMA dengan menggunakan bank soal
digital ini memerlukan prasyarat agar dapat dilaksanakan dengan baik. Prasyarat
model yang harus terpenuhi berupa:
1. Hardware/piranti keras
Model ini dapat berjalan
dengan baik jika komponen piranti keras terpenuhi dengan baik. Piranti
keras/hardware ini berupa unit komputer (PC) lengkap dengan monitor dan
keyboard/mouse, atau laptop yang memadai. PC dan laptop hendaknya juga memiliki
komponen input berupa CD (compact disc) drive untuk data yang tersimpan dalam keping CD dan USB port untuk membaca data yang
disimpan dalam media flashdisk.
Hardware minimal yang disarankan adalah berprosesor setara Intel Pentium III
dengan memori (RAM) 512 Mb. Unit PC hendaknya dilengkapi pula dengan fasilitas
pengeras suara (speaker) untuk
mendengarkan pesan atau sajian audio
dalam paket bank soal digital.
2. Software/piranti lunak
Selanjutnya,
yang harus diperhatikan dan disediakan agar paket bank soal digital dapat
disajikan dalam unit PC atau laptop adalah ketersediaan software atau piranti
lunak. Software minimal yang harus dimiliki adalah Flash Player sebagai alat utama pemutar materi. Tanpa software ini,
materi tidak dapat dilihat dan didengar oleh warga belajar maupun tutor
sehingga pembelajaran tidak dapat berlangsung sama sekali. Jika memerlukan
software lain untuk memperjelas materi dapat menggunakan software lainnya.
3. Prasarana belajar
Prasyarat
selanjutnya adalah ketersediaan prasarana belajar seperti gedung tertutup
lengkap dengan sumber tenaga listrik yang memadai. Perlengkapan komputer dan
lainnya sangat rentan dan mudah rusak. Oleh karena itu, gedung tertutup dapat
menjamin keawetan dan keamanan komputer tersebut. Selain itu, proses belajar
mengajar juga dapat berlangsung dengan nyaman dalam ruangan yang terfokus.
4. Tutor
Pemegang
kendali pembelajaran ini ada di tangan tutor. Oleh karena itu, tutor juga
diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan PC dan laptop.
Kemampuan yang tidak baik dapat menghambat proses pembelajaran yang dilakukan
dari awal hingga selesai.
BAB II
LINGKUP MODEL
A. Pengertian
Panduan pembelajaran tutorial kejar Paket C Setara SMA
menggunakan bank soal digital ini adalah seperangkat rambu-rambu yang
memberikan arah yang jelas bagi tutor Kejar Paket C Setara SMA dalam
melaksanakan interaksi pembelajaran tutorial bersama peserta didik dalam
periode waktu tertentu.
B. Aspek Pembelajaran
Aspek pembelajaran yang ada dalam pembelajaran tutorial
menggunakan bank soal digital ini meliputi 3 (tiga) aspek yaitu kognitif,
afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif mencakup wawasan dan pengetahuan
peserta didik pada materi yang sudah dipelajari. Aspek afektif mencakup sikap
peserta didik terhadap tutor dan pelajaran itu senndiri. Sedangkan aspek
psikomotor mencakup ketrampilan peserta didik dalam menggunakan piranti yang
disediakan dalam pembelajaran.
C. Cakupan Bidang Studi
Cakupan bidang studi atau mata pelajaran yang terlibat dalam
pembelajaran tutorial ini ada 4 (empat). Yaitu bidang studi Bahasa Indonesia,
Matematka, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ekonomi. Pembatasan bidang studi ini dilakukan agar tutor dan peserta didik
lebih fokus saat menghadapi ujian akhir dan kelulusan dari Kejar Paket C Setara
SMA. Empat bidang studi tersebut juga menjadi bidang studi yang diujikan dalam
Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK).
Bentuk bank soal digital dipilih karena keluwesan dalam
penggunaan, hemat ruang dan biaya serta menarik bagi tutor dan peserta didik.
Setiap bidang studi memiliki paket soal yang sudah dikembangkan sesuai tahapan
dan validasi yang baik. Paket yang ada mencakup berbagai soal latihan dan
ujian/tes. Soal-soal latihan dan ujian/tes adalah identik sesuai kisi-kisi soal
dan bobotnya. Soal-soal latihan diberikan untuk memutar dan engembalikan
ingatan peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari. Pada bagian ini
dilengkapi dengan pembahasan soal dimana dijabarkan cara memecahkan masalah
yang tepat pada soal yang disajikan.
Sementara itu, pada bagian soal-soal ujian/tes, peserta didik
mengerjakan sendiri sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan ereka seluruh soal
yang disajikan. Tidak ada petunjuk jawaban dan umpan balik motIvasi. Pada
bagian ini dihasilkan skor akhir peserta didik dalam mengerjakan keseluruhan
soal serta konfirmasi keberhasilan melewati bagian ujian/tes sesuai batas nilai
kelulusan yang ditentukan dalam program bank soal digital.
D. Ketentuan Penggunaan
Penggunaan bank soal digital ini harus direncanakan dengan
sebaik-baiknya. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pembelajaran
berupa pembahasan soal saja. Jika ini yang terjadi, maka tidak akan ada bedanya
dengan kegiatan bimbingan belajar. Beberapa ketentuan prinsip agar penggunaan
bank soal digital ini sesuai dengan kebutuhan pembelajaran adalah:
1. Paket bank soal digital ini
bukan menjadi pokok pembelajaran dari serangkaian materi dalam Kejar Paket C
Setara SMA, sehingga tidak dapat dipelajari sebagaimana pembelajaran di
bimbingan belajar yang mengerjakan soal-soal ujian saja.
2. Paket bank soal digital ini
digunakan untuk mempersiapkan warga belajar dalam menghadapi ujian kesetaraan.
3. Paket bank soal digital ini
memerlukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses penguatan dan
pengayaan materi dapat berlangsung dengan baik.
4. Paket bank soal digital ini
dapat digunakan secara mandiri oleh warga belajar pada bagian tertentu untuk
memotivasi dan melihat sejauhmana pemahaman materi yang diberikan pada bagian
lain dari paket ini.
5. Bank soal digital ini dapat
dikembangkan sendiri oleh para tutor dengan mempertimbangkan cakupan materi
yang akan diberikan. Hal ini memungkinkan warga belajar untuk memperkaya dan
memperkuat materi yang pernah dipelajarinya.
E. Persyaratan Minimal Komponen
Model
Untuk dapat menjalankan pembelajaran tutorial menggunakan
bank soal digital ini, ada beberapa ketentuan minimal yang harus dipenuhi
berupa:
1. Tutor
Tutor
yang melaksanakan pembelajaran tutorial menggunakan bank soal digital ini
haruslah memiliki kriteria tertentu, yaitu:
a. Memahami bidang studi yang
diampu dalam pembelajaran
b. Memahami dan mahir dalam
mengoperasionalkan peralatan yang tersedia
c. Memahami didaktik metodik
pembelajaran
2. Peserta didik/warga belajar
Peserta
didik atau warga belajar adalah keseluruhan peserta pembelajaran bidang studi
pada kelas yang ditentukan yang sudah menerima serangkaian materi sesuai
ketentuan pembelajaran yang berlaku.
3. Ruangan dan jaringan listrik
Ruangan
yang dimaksud adalah ruang pembelajaran yang representatif untuk interaksi
pembelajaran. Ruangan ini haruslah memiliki jaringan listrik yang cukup sebagai
sumber daya listrik untuk menyalakan komputer/laptop dan LCD projector atau infocus
serta lampu penerangan ruang belajar.
4. Unit komputer/laptop
Alat ini digunakan untuk
memutar bank soal digital yang sudah dikemas dalam format cakram padat (CD)
atau alat penyimpan data lain yang kompatibel. Syarat terpenting pada unit
komputer/laptop ini adalah terinstalnya program flash player sebagai software pemutar bank soal digital.
Rasio
jumlah unit komputer/laptop minimal satu unit dalam satu kelas. Namun, jika
memungkinkan, rasio jumlah unit alat yang tersedia lebih banyak dan sebanding
dengan jumlah peserta didik akan lebih baik. Hal ini akan mendukung
pembelajaran mandiri juga.
5. Unit LCD projector atau
infocus
Unit
ini diperlukan sebagai alat bantu pembesaran tayangan. Alat ini dapat
meningkatkan konsentrasi/fokus belajar peserta didik sekaligus pusat perhatian
dalam mengerjakan soal baik latihan maupun ujian.
BAB III
PELAKSANAAN
Pembelajaran tutorial Kejar Paket C
Setara SMA menggunakan bank soal digital ini dilaksanakan melalui tiga tahap
yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
A. Tahap Persiapan
Pada
tahap persiapan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh tutor.
Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi:
1. Penyusunan rencana pelaksanan
pembelajaran (RPP) berdasarkan paket bank soal digital masing-masing bidang
studi
2. Penyiapan sarana prasarana
pendukung pembelajaran berupa ruang belajar, unit komputer dan software
pemutar, serta LCD projector
3. Mempelajari rangkaian naskah
soal sesuai RPP untuk dibahas dalam pertemuan pembelajaran dengan peserta didik
4. Penyiapan instrumen evaluasi
terhadap peserta didik selama proses pembelajaran baik di bagian soal-soal
latihan maupun ujian/tes
5. Penyiapan bahan-bahan rujukan
yang berguna untuk memperkuat pembahasan soal
B. Tahap Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan ini tutor Paket C Setara SMA sesuai
dengan bidang studi masing-masing melakukan pembelajaran bersama para peserta
didik. Urutan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang sudah disusun.
Ada dua jenis kegiatan belajar yang berbeda karena adanya perbedaan rasio
sarana dan prasarana pembelajaran. Setidaknya, kegiatan yang dilakukan oleh
tutor dan peserta didik adalah sebagai berikut:
1. Sarana yang tersedia hanya
satu unit saja
Kegiatan
pembelajaran tutorial dengan sarana yang sangat terbatas ini dapat dilakukan
sebagai berikut:
a. Bagian pembukaan
Pada
bagian pembukaan ini, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan tutor berupa:
1) mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
2) menjelaskan kegiatan yang
akan dilakukan
3) menjelaskan tujuan yang harus
dicapai peserta didik
4) menyiapkan materi belajar
berupa bank soal digital dalam komputer/laptop sehingga siap tayang
b. Bagian inti
Pada bagian inti ini,
kegiatan yang dilakukan tutor adalah:
1) menyajikan soal latihan satu
persatu dari masing-masing bidang studi
2) memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menjawab setiap soal yang ditayangkan
3) menyajikan tayangan
pembahasan soal
4) memberikan ulasan penguatan
pada pembahasan soal
5) memotivasi peserta didik
6) menilai sikap dan perilaku
peserta didik selama proses pembelajaran
7) menyimpulkan soal yang sudah
dibahas
c. Bagian penutup
Pada
bagian penutup kegiatan pembelajaran, tutor diharapkan dapat melakukan berbagai
kegiatan minimal seperti:
1) menyimpulkan kegiatan yang
dilakukan
2) menggali pendapat peserta
didik tentang proses yang sudah dilakukan
3) menutup kegiatan dengan
berdoa bersama
2. Sarana yang tersedia berasio
imbang
Ketersediaan sarana yang
memiliki rasio seimbang sangatlah bagus. Peserta didik dapat berkonsentrasi
penuh pada unit komputer/laptop di hadapannya. Kegiatan pembelajaran tutorial
dengan rasio sarana berimbang ini dapat dilakukan minimal dalam tiga bagian
sebagai berikut:
a. Bagian pembukaan
Pada
bagian pembukaan ini
1) mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
2) menjelaskan kegiatan yang
akan dilakukan
3) menjelaskan tujuan yang harus
dicapai peserta didik
4) menyiapkan materi belajar
berupa bank soal digital dalam komputer/laptop setiap peserta didik sehingga
siap tayang
5) memastikan kesiapan seluruh
alat dan peserta didik dalam pembelajaran
b. Bagian inti
Pada
bagian inti ini, kegiatan yang dilakukan tutor adalah:
1) Meminta setiap peserta untuk
mempelajari sendiri paket bank soal digital sesuai bidang studi
2) memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menjawab setiap soal yang ditayangkan
3) membimbing peserta didik yang
menemukan kesulitan dalam memahami pemecahan soal
4) memberikan ulasan penguatan
pada pembahasan soal
5) memotivasi peserta didik
6) menilai sikap dan perilaku
peserta didik selama proses pembelajaran
7) menyimpulkan soal yang sudah
dibahas
c. Bagian penutup
Pada
bagian penutup kegiatan pembelajaran, tutor diharapkan dapat melakukan berbagai
kegiatan minimal seperti:
1) menyimpulkan kegiatan yang
dilakukan
2) menggali pendapat peserta
didik tentang proses yang sudah dilakukan
3) menutup kegiatan dengan
berdoa bersama
Selain pembelajaran yang dilakukan dalam setting seperti
dijelaskan di halaman sebelumnya, paket bank soal digital ini pun dapat
dipergunakan oleh warga belajar Kejar Paket C Setara SMA secara mandiri.
Artinya, warga belajar dapat mempelajari isi materi yang disajikan dalam bentuk
soal-soal tanpa bantuan tutor.
Agar proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh warga
belajar Kejar Paket C Setara SMA dapat berjalan dengan baik, tutor juga perlu
mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Hal ini
dilakukan untuk menghilangkan kesan bahwa warga belajar dibiarkan tanpa arahan
dan bimbingan.
Warga belajar Kejar Paket C
Setara SMA harus dikondisikan sedemikian rupa untuk siap menerima materi
melalui soal-soal yang ada dalam bank soal digital. Beberapa hal yang dapat
dilakukan oleh tutor agar warga belajar mampu melaksanakan belajar mandiri
adalah sebagai berikut:
1. Menetapkan dan
menginformasikan kepada warga belajar Kejar Paket C Setara SMA bahwa
evaluasi/ujian akan dilaksanakan dalam rangka melihat kesiapan mereka, melalui
soal-soal digital yang disediakan.
2. Menyediakan sarana dan
kelengkapan pembelajaran yang dibutuhkan (komputer dan materi pembelajaran)
3. Memulai pembelajaran dan
mengarahkan warga belajar untuk mengakses materi ujian/evaluasi/tes, memberikan
petunjuk apa yang harus dilakukan dan target yang harus dicapai oleh warga
belajar
4. Mengontrol kegiatan belajar
warga belajar jika mengalami kesulitan dalam mengoperasionalkan komputer atau
dalam memahami materi kembali
5. Mengevaluasi hasil belajar warga
belajar dengan mencatat dan menyimpan hasil penilaian (skor) yang diperoleh
warga belajar
6. Mengakhiri pembelajaran
dengan menyampaikan kesimpulan hasil belajar yang dicapai oleh warga belajar
7. Membereskan sarana dan
perlengkapan pembelajaran
C. Tahap Evaluasi
Tahap evaluasi
ini dilakukan untuk melihat sejauhmana setiap peserta didik mampu memahami
keseluruhan materi yang diberikan di bagian soal-soal latihan. Tahap evaluasi
ini dilakukan dengan mengerjakan semua naskah soal yang ada di bagian soal-soal
ujian/tes. Kegiatan yang dilakukan oleh tutor dalam melaksanakan evaluasi
terbagi dalam dua bagian, pertama dengan sarana komputer hanya satu unit, dan banyak
sarana yang tersedia.
1. Sarana komputer satu unit
Kegiatan
yang dilakukan oleh tutor setidaknya berupa:
a. Mengkondisikan dan
mengkoordinir peserta didik untuk siap mengerjakan soal-soal ujian/tes
b. Mengawali kegiatan dengan
berdoa bersama
c. Mempersiapkan sarana yang
akan dipergunakan hingga siap tayang
d. Membagikan lembar jawaban
kepada peserta didik
e. Menayangkan setiap soal dalam
bagian soal-soal ujian/tes
f.
Memberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab setiap
soal sesuai batas waktu yang diberikan
g. Mengumpulkan jawaban semua
peserta didik
h. Melakukan koreksi jawaban
peserta didik
2. Sarana komputer banyak
Paket bank soal digital ini dirancang menyajikan soal-soal
ujian/tes secara acak pada komputer yang berbeda dari setiap peserta didik.
Oleh karena itu, jika seluruh peralatan yang tersedia sudah siap, maka paket
bank soal digital dalam bentuk CD maupun data yang terinstal dapat langsung
dibuka dan diakses oleh peserta didik. Tugas
peserta didik adalah mengerjakan semua soal yang tersedia dalam waktu
yang sudah disediakan. Jika semua soal sudah selesai dikerjakan, peserta didik
wajib untuk menekan tombol selesai untuk melihat hasil yang diperolehnya.
Hasil pencapaian peserta didik disajikan dalam bentuk sekor
dan pernyataan berhasil atau gagal. Meskipun begitu, ada umpan balik bagi
peserta didik untuk tetap semangat dan tekun dalam belajar.
D. Paket Bank Soal Digital
Paket bank soal
digital adalah sekumpulan soal bidang studi tertentu yang dikemas dalam format
digital. Format digital ini hanya dapat dikembangkan dan disajikan dengan
bantuan komputer baik PC (personal
computer) maupun laptop. Materi dikemas dalam bentuk media ringkas seperti
CD (compact disc) maupun flashdisk.
File yang disajikan dalam media tersebut dikemas dalam bentuk “single file
executable” atau lebih dikenal dengan nama ekstensi “.exe”.
Paket bank soal
yang dikembangkan saat ini terdiri dari 4 (empat) paket bidang studi yaitu:
1. Bidang studi Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
2. Bidang studi Bahasa Indonesia
3. Bidang studi Matematika, dan
4. Bidang studi IPS (Ilmu
Pengetahuan Sosial) Ekonomi
Materi yang
dikemas dalam paket bank soal digital ini mencakup berbagai materi yang sudah
diajarkan kepada warga belajar. Oleh karena itu, paket bank soal digital ini
sebenarnya memberikan pengayaan dan penguatan atas apa yang sudah diperoleh
oleh warga belajar selama periode waktu tertentu yang ditempuhnya. Karena ujung
dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Kejar Paket C Setara SMA selama
ini diukur dengan hasil mengerjakan soal ujian kesetaraan, maka model bank soal
digital ini juga memberi warna dan pencerahan bagi warga belajar dalam
mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian tersebut.
Selanjutnya, isi paket bank
soal digital tersebut berupa soal-soal bidang studi seperti tercantum pada
halaman sebelumnya. Namun, soal-soal tersebut dikelompokkan ke dalam 2 (dua)
bagian utama. Bagian pertama adalah soal-soal latihan, sedangkan bagian kedua
adalah soal-soal evaluasi/ujian/tes.
Bagian pertama
yang terdiri dari soal-soal latihan berisi beragam soal bidang studi tertentu
yang harus dikerjakan oleh warga belajar. Bentuk soal yang disajikan adalah pilihan
ganda. Soal bentuk pilihan ganda ini dipilih dengan mempertimbangkan dua hal.
Pertama, kelaziman bentuk soal ujian kesetaraan adalah pilihan ganda. Sedangkan
pertimbangan kedua adalah kemudahan dalam bahasa pemrograman digital.
Soal-soal latihan
dalam bagian ini disajikan dengan dilengkapi umpan balik seketika. Artinya,
ketika warga belajar memberikan jawaban pada sebuah butir soal yang muncul,
maka seketika itu pula muncul respon pemberitahuan tentang jawaban. Respon
jawaban yang bersifat positif jika jawaban soal benar. Sedangkan respon jawaban
negatif jika jawaban yang diberikan salah. Hanya saja, semua respon diberikan
untuk memotivasi warga belajar agar tidak mudah putus asa dalam belajar.
Selain respon
seketika, soal-soal latihan dilengkapi pula dengan pembahasan soal. Hal ini
dilakukan agar warga belajar mampu mengingat kembali materi yang pernah
diajarkan. Pembahasan soal disediakan dalam halaman tersendiri. Untuk
pengendaliannya disediakan tombol navigasi sendiri.
Selanjutnya,
bagian kedua dari paket bank soal digital ini adalah soal-soal
evaluasi/ujian/tes. Bagian ini terdiri dari beragam soal dengan materi dan
bobot yang sama dengan soal-soal di bagian latihan. Namun, bagian
evaluasi/ujian/tes ini memiliki karakteristik yang berbeda dari soal-soal
latihan. Beberapa karakteristik tersebut adalah:
1. Bentuk soal yang disajikan
adalah pilihan ganda dengan 5 (lima) opsi jawaban.
2. Penyajian soal satu halaman
untuk satu soal.
3. Tidak dilengkapi dengan umpan
balik seketika.
4. Terdapat kunci jawaban soal sebagai patokan pemberian skor
dalam bahasa pemrograman.
5. Sistem penyajian soal diacak.
Artinya, ketika warga belajar mencoba mengerjakan soal di bagian ini, urutan
nomor soal akan berbeda di setiap kesempatan yang berbeda dan unit komputer
atau laptop yang berbeda.
6. Terdapat pembatasan waktu
dalam mengerjakan soal-soal yang disediakan.
7. Tidak ada pembahasan soal.
8. Hasil akhir yang diperoleh adalah skor nilai dan status
keberhasilan dalam mengerjakan soal.
Paket bank soal
digital ini secara teknis terbagi dalam beberapa menu. Menu disajikan untuk
memudahkan pengguna dalam mempelajari sekaligus memahami keseluruhan isi.
Menu-menu yang tersedia dalam paket bank soal digital Kejar Paket C Setara SMA
ini terdiri atas:
1. Menu Petunjuk
Menu
petunjuk disediakan untuk memberikan gambaran singkat isi paket bank soal
digital. Pada bagian menu ini berisikan pula petunjuk-petunjuk dasar bagi
pengguna (warga belajar dan tutor) agar mampu menjalankannya dengan baik
(petunjuk operasional). Selain itu, pada bagian menu petunjuk ini berisikan
informasi terkait ikon yang digunakan dan arti dari ikon-ikon tersebut yang
akan ditemui dalam paket bank soal digital.
2. Menu Soal Latihan
Menu soal latihan memberikan
petunjuk operasional bagaimana mengerjakan soal-soal di bagian ini. Tombol
navigasi menu soal latihan akan mengantarkan pengguna dengan kumpulan soal-soal
latihan yang sudah disediakan.
3. Menu Soal Evaluasi/Ujian/Tes
Menu
ini memberikan petunjuk operasional bagaimana mengerjakan soal-soal
ujian/evaluasi/tes dengan baik. Tombol navigasi menu soal evaluasi/ujian/tes
akan membawa pengguna ke dalam sekumpulan soal-soal tes bidang studi tertentu
dalam batas waktu yang ditentukan.
4. Menu Pustaka
Setiap
produk yang dihasilkan dari sebuah proses pengembangan pastilah memiliki
acuan/referensi. Oleh karena itu, kumpulan soal dalam paket bank soal digital
ini juga memiliki acuan kepustakaan tersendiri sebagai dasar dalam pengembangan
soal-soal tersebut.
Menu
pustaka mencakup buku-buku sumber bacaan dan soal yang dijadikan acuan
penyusun/pengembang soal. Selain buku-buku dapat juga ditampilkan sumber-sumber
yang lain yang relevan dengan soal dan materi yang disajikan.
5. Menu Pengembang
Sebuah
produk juga harus memiliki identitas. Menu pengembang berisikan nama dan
informasi pribadi yang relevan dari keseluruhan tim penyusun/pengembang soal
dimaksud. Menu pengembang sebaiknya juga dilengkapi dengan foto tim pengembang
dan alat yang dapat dihubungi.
BAB IV
PENUTUP
Perkembangan jaman menuntut dinamika
pembelajaran yang lebih menarik lagi. Teknologi dapat dimanfaatkan secara
maksimal untuk pembelajaran. Begitu juga dengan dinamika pembelajaran yang
terjadi Kejar Paket C Setara SMA. Sentuhan teknologi sangat dibutuhkan agar
pembelajaran di dalamnya menjadi semakin interaktif dan tidak membosankan.
Agar bantuan dari sisi teknologi
tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, diperlukan upaya yang jeli
bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Salah satunya
adalah dengan memadukannya dalam pembelajaran tutorial. Pembelajaran jenis ini
sangat dibutuhkan untuk menuntaskan keseluruhan materi yang harus dikuasai oleh
warga belajar Kejar Paket C Setara SMA. Namun, agar hasil yang diperoleh dapat
maksimal dibutuhkan panduan yang relevan.
Panduan pembelajaran tutorial Paket C
Setara SMA menggunakan bank soal digital ini sangat dibutuhkan oleh tutor.
Panduan ini memberikan arahan bagaimana menyelenggarakan pembelajaran tutorial
yang baik dengan mengacu pada paket bank
soal digital yang sudah disusun. Panduan dan paket bank soal digital ini
merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Semoga panduan dan dan bahan ajar
berupa paket bank soal digital 4 (empat) bidang studi –PKn, Bahasa Indonesia,
Matematikan dan IPS (ekonomi)- ini dapat
bermanfaat. Bukan saja bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran tutorial,
namun bagi warga belajar menjadi sesuatu yang dapat memotivasi dan menuntaskan
belajar mereka di Paket C. Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar